Pemograman dan Serba Serbi Komputer

Borland Berinovasi di Luar Siapapun

Pada tahun 1983 Borland mengubah wajah pemrograman PC dengan merilis Turbo Pascal 1.0. Sebelum itu, bahasa mahal, berat, urusan berbasis perintah yang memastikan bahwa pemrograman tetap menjadi pelestarian eksklusif pemrogram. Borland menyediakan lingkungan yang mengintegrasikan editor layar penuh dengan kompiler cepat kilat dengan harga yang sangat rendah; Tiba-tiba pemrograman bisa diakses orang biasa.

Turbo-pascal

Namun, pemrograman untuk Windows tetap sepenuhnya berada dalam pengampunan programer profesional. Untuk memulai itu jauh lebih rumit daripada pemrograman untuk DOS, dan alat yang dibutuhkan mahal harganya.

Tapi sekarang Borland telah merilis Turbo Pascal untuk Windows (TPW) yang tidak hanya murah tapi membuat pemrograman untuk Windows jauh lebih mudah daripada sebelumnya.

Ini adalah paket besar, mengambil 6.5Mb. TPW hadir dengan empat disket 3 inci / 1 inci dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk memasangnya. Tidak mengherankan, itu hanya akan berjalan di bawah Windows, di mana ia menghadirkan antarmuka Windows yang khas. Ada menu pop-down, bar scross dan semua ekstra visual lainnya yang Anda harapkan saat menggunakan Windows. Kode sumber Anda dapat muncul dalam satu jendela sementara versi yang dikompilasi berjalan di tempat lain; Anda dapat memiliki beberapa file kode sumber yang terbuka (hingga 32) di jendela yang berbeda; Dan Anda bahkan dapat memiliki banyak salinan file kompilasi (atau berbeda) yang sama yang berjalan bersamaan.

ObjectWindows

Object Windows adalah jantung dari TPW. Ini adalah kumpulan objek untuk membangun dan mengendalikan jendela, kotak dialog dan kontrol. Borland pada dasarnya telah memasukkan semua pengkodean yang sulit ke dalam serangkaian objek.

Selama Anda terbiasa dengan pemrograman berorientasi objek (OOP), Anda bisa menggunakannya – tapi ada lebih dari itu.

Sama seperti Anda tidak perlu tahu bagaimana mesin bekerja untuk mengendarai mobil, Anda tidak perlu tahu bagaimana benda-benda ini bekerja untuk mak dapat memikirkan pembenaran yang lebih baik penggunaannya daripada dalam pemrograman Wiendorongnya. Kemampuan untuk membungkus fungsi di dalam objek selalu menjadi titik penjualan yang kuat dari OOP, dan saya tidndows.

Dalam terminologi Windows, sumber daya adalah entitas seperti tombol, kursor dan ikon. Untuk menghindari kode ini setiap kali Anda mengembangkan program baru, Windows mengizinkan pemrogram untuk menyimpannya dalam ‘file sumber’. Sumber daya ini ditangani dan dihasilkan oleh Whitewater Resource Toolkit (WRT) yang disertakan dengan TPW. Setelah dibangun, file sumber daya bertindak sebagai reservoir bit berguna yang dapat dipanggil oleh program lain yang Anda tulis.

WRT menyediakan paket gambar untuk pembangunan sumber daya seperti kursor dan menyederhanakan proses pengelolaan sumber daya dan memindahkannya di antara file sumber daya. Membuat fasilitas ini tersedia secara luas akan menghasilkan variasi yang jauh lebih banyak di dalam Windows daripada yang telah kita lihat sejauh ini. Tombol yang digunakan di TPW, yang mungkin dikembangkan dengan WRT, imajinatif dan menyenangkan untuk digunakan – dan mereka akan membantu programmer menghentikan program Windows semua terlihat sama.

Editor

Editor adalah penawaran Windows yang cukup khas. Bar gulir dapat digunakan untuk bergerak, dan Anda dapat memotong dan menempelkan bagian kode dengan cara yang diharapkan.

Ada keluhan di masa lalu tentang kurangnya fasilitas Undo yang layak di editor Borland, tapi yang satu ini sepertinya tidak mungkin salah. Hal ini dapat diatur untuk mengurungkan setiap keystroke tunggal, atau untuk mengobati penekanan tombol sebagai kelompok dan mengurungkannya dalam blok logis kohesif. Penyangga terpisah disisihkan untuk menahan pengeditan yang dilakukan di setiap jendela, dan buffer tampak memadai untuk sejumlah besar perubahan yang harus diingat.

Saya mencoba semua yang bisa saya pikirkan untuk mengecewakan sistem undo dan tidak pernah gagal mengembalikan perubahan saya.

Sistem bantuan ada di sana, seperti dugaan Anda, dengan bantuan Windows biasa dan bantuan khusus bahasa (Ctrl-F1) yang saya temukan sangat berguna di masa lalu. Borland juga menyediakan manual yang disebut Borland Languages ​​Help Compiler, yang memberitahu Anda bagaimana cara menulis sistem bantuan Windows untuk aplikasi Anda sendiri. Ini tidak hanya merinci mekanisme dimana sistem bantuan dibangun tetapi juga berisi petunjuk bermanfaat tentang konvensi dan konsistensi.

TPW hanya mengkompilasi ke disk, jadi hard disk yang cepat akan meningkatkan kecepatan kompiler (dan sesungguhnya sebenarnya). Sebuah program sepele (220 baris) pada 33MHz 386 dengan hard disk yang cepat membutuhkan waktu sekitar satu detik untuk dikompilasi. Borland mengatakan itu berjalan pada 85.000 baris per menit pada mesin yang sama, jadi cepat.

Debugger datang sebagai sedikit kejutan; Meskipun bisa diakses dari IDE, ini bukan aplikasi Windows. Debugger hanya bisa beroperasi dalam mode teks (meskipun mouse digerakkan) dan memiliki tampilan dan nuansa dari penawaran sebelumnya dari Borland. Tapi jelas bahwa ini adalah alat yang hebat.

Fitur yang lima tahun lalu itu wahyu sekarang nampaknya hanya layak disebut lewat. Breakpoints dapat diatur dan variabel ditonton. Kode tersebut bisa dilewatkan melalui baris demi baris dan Anda bisa melangkah mundur melalui kode. Bagi yang butuh tO melakukan pekerjaan yang serius mungkin untuk melakukan debug menggunakan dual monitor, satu menunjukkan program dan yang lainnya adalah kode.

Hirarki kelas browser yang diperkenalkan Borland untuk pekerjaan berorientasi objek ada di sini, dan ini dirancang untuk memungkinkan Anda memeriksa objek yang Anda miliki. Dibuat.Fitur baru terutama untuk aplikasi Windows termasuk breakpoints baru yang dapat diatur berdasarkan pesan yang diterima oleh aplikasi selama eksekusi. Pesan ini bisa terjebak atau hanya login. Tumpukan tumpukan lokal dan global yang dikelola oleh Windows dapat dilihat dengan menggunakan Turbo Debugger.

Turbo-cs

Memperoleh StartgsMost orang yang berniat menggunakan TPW mungkin akan memiliki beberapa pengalaman menggunakan Turbo Pascal (walaupun manualnya ditulis untuk pemula yang lengkap) dan ingin tahu bagaimana caranya. Program lama akan berjalan Sebuah unit bernama WinCrt menyediakan dukungan untuk perintah favorit lama yang digunakan di DOS untuk memasukkan teks ke layar: perintah seperti ClrScr, GotoXY dan KeyPressed.

Termasuk WinCrt pada awal program berbasis teks sederhana secara otomatis menciptakan jendela standar, dan perintah ini akan berperilaku seperti yang mereka lakukan di bawah DOS. Jelas, intinya Windows adalah yang menawarkan lebih dari sekedar DOS, jadi cukup mengubah teks. Program sampai mereka akan berjalan di Window adalah agak untuk melewatkan intinya.

Meski begitu, senang melihat anjing tua program tiba-tiba muncul di jendela yang rapi dan mudah digulir. Salah satu tambang saya berasal dari Turbo Pascal 3.0 hari dan telah menjadi aplikasi Windows dengan penambahan single line Using WinCrt.ConclusionsI seperti TPW. Ini adalah lingkungan pemrograman yang paling menarik yang pernah saya gunakan, dan kompilernya sangat cepat.

Itu membuat pemrograman aplikasi Windows terasa kurang seperti menempel kepalamu di ember batubara dan lebih menyenangkan. Editor memiliki fasilitas undo yang tak terkalahkan, dokumentasinya bagus, dan saya menyukai keseluruhan paketnya. Jadi, jangan tunda. Jika Anda pernah naksir menjadi programmer Windows, pergilah dan dapatkan salinannya.

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *