Pemograman dan Serba Serbi Komputer

Bahasa Pemrograman Klasik – Berapa Banyak yang Anda Tahu?

C+program

Sama seperti komputer mainframe pertama, mikrokomputer pertama juga tidak memiliki bahasa. Mereka memiliki terlalu sedikit memori untuk mendukung perangkat lunak apapun, jadi diprogram dalam bahasa mesin dengan memasang saklar panel depan.

Micros yang tidak memiliki panel depan (seperti Southwest Technical Products M6800) diprogram dalam bahasa assembly melalui penggunaan program monitor yang terdapat dalam ROM. Chip monitor juga memiliki kompiler mini untuk menerjemahkan program ke dalam bahasa mesin.

Begitu gairah untuk benar-benar membangun komputer yang sedang bekerja mereda, penggemar komputer ingin melakukan sesuatu dengan mesin mereka. Segera papan memori 2K dan 4K tersedia, dan bersama mereka, kemungkinan menggunakan bahasa tingkat tinggi.

Sebuah kelompok bernama People’s Computer Co. diselenggarakan oleh Bob Albricht, Dennis Allison, dan teman-teman di Menlo Park, California, untuk mempromosikan penggunaan komputer secara pribadi. Awalnya mereka beroperasi di DEC minis dan dari terminal yang terhubung ke komputer yang lebih besar lagi. Mereka juga menerbitkan sebuah surat kabar bernama People’s Computer.

Dalam terbitan ini, Allison, Bernard Grening, “Happy Lady,” dan yang lainnya menerbitkan spesifikasi untuk Tiny Basic-sebuah bahasa yang dirancang untuk beroperasi pada mikrokomputer dengan memori 3K. Tiny Basic segera banyak diimplementasikan oleh banyak penggemar.

Penggemar yang sama ini memperluas dan mengirimkan Tiny Basic ke 8080, 6800, dan 6502 mikrokomputer. Untuk mempromosikan penggunaan Tiny Basic, koran People’s Computer diupgrade ke sebuah publikasi baru yang berjudul Dr. Dobbs ‘Journal of Tiny Basic, Computer Calisthenics & Orthodontia. Bagian Tiny Basic dari judul segera dihilangkan dan majalah menjadi lebih umum; Anda mungkin masih mengetahuinya hari ini seperti Dr. Dobbs ‘Journal.

MICROSOFT MOVES

Tidak ada yang merasakan kebutuhan akan BASIC microcomputer yang lebih kuat daripada Ed Roberts, penemu Altair dan kepala MITS, perusahaan yang memproduksinya. Ketika menerima surat dari sebuah perusahaan bernama Traf-O-Data yang mengklaim bahwa mereka telah mengembangkan BASIC seperti itu, dia segera menghubungi perusahaan itu. Ternyata Traf-O-Data adalah beberapa mahasiswa Harvard bernama Paul Allen dan Bill Gates, dan mereka sebenarnya tidak memiliki BASIC baru, namun merupakan kompiler silang yang berlari di komputer besar dan bisa mensimulasikan sebuah 8080 mikro.

Mereka juga mengenal BASIC berbasis DEC dan merasa bisa disesuaikan dengan mesin yang lebih kecil. Meskipun Roberts segera meminta mereka untuk datang dan menunjukkan kepadanya versi BASIC mereka, kedua mitra berhasil menghentikannya cukup lama untuk benar-benar menuliskannya.

Meskipun mereka tidak pernah menjalankan BASIC mereka di Altair 8080 yang sebenarnya, para mitra mengunjungi MITS dan menunjukkan bahasa mereka kepada Roberts – dan berhasil! Mitra berganti nama menjadi perusahaan Microsoft mereka dan membuat kesepakatan dengan Roberts untuk menjual perangkat lunak mereka seperti Altair BASIC.

Ini adalah pengaturan royalti dengan Roberts yang bekerja dalam penjualan Altair BASIC dengan membeli papan memori MITS. Jika Anda membeli memori MITS, Anda bisa membeli BASIC dengan biaya yang masuk akal. Tetapi jika Anda menginginkan BASIC sendiri, harganya sangat keterlaluan, setidaknya bagi penggemar komputer yang percaya pada etika hacker bahwa perangkat lunak harus bebas. Sebagai tanggapan, mereka menemukan perangkat lunak multiuser – satu orang membeli BASIC dan 10 orang menggunakannya.

DASAR LAINNYA

Bahasa Microsoft 8K dan 12K BASIC menjadi standar di industri ini dan akhirnya dimodifikasi untuk digunakan pada TRS-80 Tandy dan banyak mikrokomputer populer lainnya. Saingan utama Tandy dan Microsoft adalah Kelompok Digital Denver, Colo, dan South West Technical Products Co. (SWTPC) San Antonio, Texas. Kedua perusahaan ini mengembangkan versi BASIC untuk mendukung komputer mereka. Digital Group memiliki salah satu versi BASIC pertama yang mendukung papan video dan tape recorder digital.

SWTPC 6800 memiliki keseluruhan rangkaian versi BASIC yang dirancang untuk berjalan dengan jumlah memori yang meningkat. Pemilik SWTPC, Dan Meyers, memiliki selera humor dan suka bercanda dengan biaya perusahaan bus S-100 (Altair, Microsoft, Tandy, dkk.). Dia mengolok-olok biaya perangkat lunak untuk komputer Altair dan Imsai 8080. DASARNYA sangat bagus dan ditulis oleh seorang pria bernama Robert Uiterwyck. Dia setuju untuk mensubsidi dan menjualnya seharga $ 4 untuk 4K BASIC, $ 8 untuk 8K BASIC, dan $ 12 untuk 12K BASIC-sen jika dibandingkan dengan harga Microsoft.

 

EVOLUSI DASARĀ  Vb

Visual-basic-p

Semua versi awal BASIC bersifat interpretif, yaitu setiap baris program diterjemahkan oleh komputer dan dieksekusi sebelum melanjutkan ke baris berikutnya. Jika terjadi kesalahan, program berhenti dan pesan kesalahan ditampilkan. Sebaliknya, komputer yang lebih besar menggunakan bahasa yang dikompilasi. Dalam hal ini, program ini ditulis dalam editor yang menghasilkan source code. Kemudian seluruh kode sumber diterjemahkan ke dalam versi kode objek, yang sebenarnya sedang berjalan di komputer. Meskipun ini memberikan kinerja yang jauh lebih

Apple II dan komputer Commodore menjadi populer sekitar saat ini, dan mesin ini menggunakan mikroprosesor 6502, jadi masing-masing memiliki versi BASIC mereka sendiri. Meskipun keduanya dilengkapi dengan ekstensi grafis yang kuat tidak mungkin dengan komputer S-100 dan TRS-80, dan memiliki banyak piranti lunak, mereka tidak memiliki lokasi di dekat jumlah aplikasi yang berjalan di bawah komputer Z-80 atau 8080. Untuk membuat keadaan menjadi lebih buruk, Apple BASIC semata-mata didukung oleh Apple Computer, dan Commodore BASIC hanya berlari di Commodores.

Untuk masuk ke pasar Apple II, Microsoft menjual plug-in board untuk Apple II yang bisa menjalankan versi CP / M dan BASIC-nya. Akhirnya Microsoft akhirnya menjual CP / M dengan lisensi seperti halnya Digital Research.

KEKUATAN PASCAL

Pascal dikembangkan di Eropa sebagai bahasa pengajaran. Ini berjalan terutama di komputer besar, tapi di University of California, San Diego (UCSD), sebuah proyek mulai memasukkan Pascal ke mikrokomputer. Yang dikembangkan bukan hanya bahasa, tapi sistem operasi lengkap disebut sistem P, yang tidak hanya mendukung Pascal tapi juga versi FORTRAN, COBOL, dan BASIC. UCSD Pascal diberikan ke universitas hampir tanpa biaya. Selain itu, proyek Pascal UCSD mendapat dukungan kuat dari industri ini. Apple, Western Digital, dan North Star semua membeli lisensi.

 

 

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *